Artikel Terbaru: |
loading...
Kisi-kisi Ulangan Tengah Semester (UTS) Semester Ganjil dan Genap--
Kelas 7 Smt.1 (KURIKULUM 2013)
1. Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
2. Menjelaskan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
3. Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4. Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
5. Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
6. Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
7. Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
8. Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan
Kelas 8 Smt.1 (KURIKULUM 2013)
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1 Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis
Kelas 9 Smt.1
1. Menyimpulkan isi dan hal penting dalam dialog interaktif
2. Menentukan pendapat narasumber dalam dialog interaktif
3. Membedakan fakta dan opini dalam iklan
4. Menulis iklan baris
5. Menentukan unsur intrinsik (Tema dan amanat serta nilai moral dalam cerpen)
6. Musikalisasi Puisi (Menentukan Nada, suasana, dan isi puisi)
KETERANGAN:
- Jumlah butir soal: 10 butir
- Bentuk soal: Uraian (Essay)
Selamat belajar
Kisi-kisi UTS (Ulangan Tengah Semester) Semester Genap (Sem. 2)--
Kelas 7 Smt.2 (KURIKULUM 2013):
1. Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
2. Membuat peta pikiran/sinopsis tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca
3. Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4. Menyajikan tanggapan secaralisan, tulis, dan visualterhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
5. Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
6. Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan
7. Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
8. Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi
Kelas 7 Smt.2 (KURIKULUM 2006):
1. Disajikan kutipan paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama/ gagasan pokok (2 butir soal)
2.Disajikan dua buah paragraf, siswa dapat menentukan jenis deskripsi yang digunakan, subyektif atau obyektif (1 butir soal)
3.Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keunggulan tokoh (2 butir soal)
4.Disajikan kutipan wawancara, siswa dapat menentukan pesan yang disampaikan oleh narasumber (1 butir soal)
5.Disajikan situasi/ ilustrasi bertelepon, siswa dapat menentukan mana situasi/ ilustrasi yang benar dan mana yang salah (1 butir soal)
6.Disajikan situasi/ ilustrasi bertelepon, siswa dapat membuat kalimat yang seharusnya diucapkan agar lebih sopan/ santun (1 butir soal)
7.Disajikan kalimat langsung, siswa dapat mengubahnya menjadi kalimat taklangsung (1 butir soal)
8.Disajikan sebuah kutipan hasil wawancara, siswa dapat mengubahnya menjadi narasi (1 butir soal)
Kelas 8 Smt.2 (KURIKULUM 2013):
1. Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
2. Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca
3. Menelaah teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
4. Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
5. Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
6. Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
7. Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
8. Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
Kelas 8 Smt.2 (KURIKULUM 2006):
1.Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan pokok-pokok berita (2 butir soal)
2.Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan tema, penokohan, dan latar (3 butir soal)
3.Disajikan sebuah ilustrasi pendapat, siswa dapat memberikan sanggahan dengan kalimat yang sopan (1 butir soal)
4.Siswa dapat menyebutkan tahapan-tahapan dalam menulis rangkuman (1 butir soal)
5.Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang perlu disampaikan dalam membuka acara (1 butir soal)
6.Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menulis puisi (1 butir soal)
7.Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menyuntingnya (1 butir soal)
Kelas 9 Smt.2 (KURIKULUM 2006):
1.Disajikan kutipan pidato, siswa dapat menyimpulkan pesan yang terkandung (1 butir soal)
2.Disajikan ilustrasi berdiskusi, siswa dapat menerapkan prinsip-prinsip diskusi (1 butir soal)
3.Disajikan kutipan artikel buku, siswa dapat menemukan gagasan utama (2 butir soal)
4.Disajikan sebuah grafik dan bagan, siswa dapat mengubahnya menjadi bentuk uraian (narasi) (2 butir soal)
5.Disajikan sebuah tema dan kesimpulan karya tulis, siswa dapat merumuskan permasalahan dan saran yang tepat (2 butir soal)
6.Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menulis teks pidato berupa sambutan (1 butir soal)
7.Disajikan kutipan surat pembaca, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang (1 butir soal)
Kelas 7 Smt.1 (KURIKULUM 2013)
1. Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
2. Menjelaskan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
3. Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4. Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
5. Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
6. Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
7. Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
8. Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan
Kelas 8 Smt.1 (KURIKULUM 2013)
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1 Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis
Kelas 9 Smt.1
1. Menyimpulkan isi dan hal penting dalam dialog interaktif
2. Menentukan pendapat narasumber dalam dialog interaktif
3. Membedakan fakta dan opini dalam iklan
4. Menulis iklan baris
5. Menentukan unsur intrinsik (Tema dan amanat serta nilai moral dalam cerpen)
6. Musikalisasi Puisi (Menentukan Nada, suasana, dan isi puisi)
KETERANGAN:
- Jumlah butir soal: 10 butir
- Bentuk soal: Uraian (Essay)
Selamat belajar
Kisi-kisi UTS (Ulangan Tengah Semester) Semester Genap (Sem. 2)--
Kelas 7 Smt.2 (KURIKULUM 2013):
1. Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
2. Membuat peta pikiran/sinopsis tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca
3. Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4. Menyajikan tanggapan secaralisan, tulis, dan visualterhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
5. Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
6. Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan
7. Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
8. Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi
Kelas 7 Smt.2 (KURIKULUM 2006):
1. Disajikan kutipan paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama/ gagasan pokok (2 butir soal)
2.Disajikan dua buah paragraf, siswa dapat menentukan jenis deskripsi yang digunakan, subyektif atau obyektif (1 butir soal)
3.Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keunggulan tokoh (2 butir soal)
4.Disajikan kutipan wawancara, siswa dapat menentukan pesan yang disampaikan oleh narasumber (1 butir soal)
5.Disajikan situasi/ ilustrasi bertelepon, siswa dapat menentukan mana situasi/ ilustrasi yang benar dan mana yang salah (1 butir soal)
6.Disajikan situasi/ ilustrasi bertelepon, siswa dapat membuat kalimat yang seharusnya diucapkan agar lebih sopan/ santun (1 butir soal)
7.Disajikan kalimat langsung, siswa dapat mengubahnya menjadi kalimat taklangsung (1 butir soal)
8.Disajikan sebuah kutipan hasil wawancara, siswa dapat mengubahnya menjadi narasi (1 butir soal)
Kelas 8 Smt.2 (KURIKULUM 2013):
1. Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
2. Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca
3. Menelaah teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
4. Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
5. Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
6. Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
7. Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
8. Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
Kelas 8 Smt.2 (KURIKULUM 2006):
1.Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan pokok-pokok berita (2 butir soal)
2.Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan tema, penokohan, dan latar (3 butir soal)
3.Disajikan sebuah ilustrasi pendapat, siswa dapat memberikan sanggahan dengan kalimat yang sopan (1 butir soal)
4.Siswa dapat menyebutkan tahapan-tahapan dalam menulis rangkuman (1 butir soal)
5.Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang perlu disampaikan dalam membuka acara (1 butir soal)
6.Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menulis puisi (1 butir soal)
7.Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menyuntingnya (1 butir soal)
Kelas 9 Smt.2 (KURIKULUM 2006):
1.Disajikan kutipan pidato, siswa dapat menyimpulkan pesan yang terkandung (1 butir soal)
2.Disajikan ilustrasi berdiskusi, siswa dapat menerapkan prinsip-prinsip diskusi (1 butir soal)
3.Disajikan kutipan artikel buku, siswa dapat menemukan gagasan utama (2 butir soal)
4.Disajikan sebuah grafik dan bagan, siswa dapat mengubahnya menjadi bentuk uraian (narasi) (2 butir soal)
5.Disajikan sebuah tema dan kesimpulan karya tulis, siswa dapat merumuskan permasalahan dan saran yang tepat (2 butir soal)
6.Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menulis teks pidato berupa sambutan (1 butir soal)
7.Disajikan kutipan surat pembaca, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang (1 butir soal)
Baca: Kisi-kisi UTS Program Khusus Kelas 9 Persiapan Menghadapi UNSelamat belajar