Artikel Terbaru: |
loading...
Menulis Surat Pembaca--
Kamu tentu sering membaca surat pembaca, yaitu surat yang ditulis oleh pembaca media massa. Di surat kabar, biasanya ada kolom khusus yang disediakan untuk menampung ide, kritik/keluhan tentang produk atau pelayanan publik, informasi, ucapan terima kasih, tanggapan/jawaban, saran, ralat, harapan dari pembaca tentang suatu hal.
Biasanya, surat pembaca ditujukan kepada media massa itu sendiri atau untuk pihak lain, misalnya pemerintah atau lembaga/instansi tertentu. Itulah yang disebut "surat pembaca".
Surat pembaca adalah surat yang dimuat di surat kabar, majalah, dan tabloid. Saat ini, surat pembaca sangat berpengaruh terhadap lembaga atau instansi yang dituju, misalnya keluhan tentang pelayanan di bank.
Ciri-ciri surat pembaca:
1. Ditulis oleh pengirim yang dilengkapi dengan identitas lengkap (nama dan alamat).
2. Judul ditulis dengan jelas.
3. Isi naskah ditulis langsung ke pokok persoalan.
4. Tulis dengan bahasa yang efektif, isi harus dapat dipertanggungjawabkan.
5. Data kritik atau keluhan hendaknya disertai dengan bukti dan alasan yang kuat.
6. Biasanya, untuk hal-hal yang rawan konflik, alamat pengirim disembunyikan. Pihak yang bersangkutan dapat menghubungi redaksi media massa yang memuat surat pembaca untuk mendapatkan identitas pengirim.
Kamu tentu sering membaca surat pembaca, yaitu surat yang ditulis oleh pembaca media massa. Di surat kabar, biasanya ada kolom khusus yang disediakan untuk menampung ide, kritik/keluhan tentang produk atau pelayanan publik, informasi, ucapan terima kasih, tanggapan/jawaban, saran, ralat, harapan dari pembaca tentang suatu hal.
Biasanya, surat pembaca ditujukan kepada media massa itu sendiri atau untuk pihak lain, misalnya pemerintah atau lembaga/instansi tertentu. Itulah yang disebut "surat pembaca".
Surat pembaca adalah surat yang dimuat di surat kabar, majalah, dan tabloid. Saat ini, surat pembaca sangat berpengaruh terhadap lembaga atau instansi yang dituju, misalnya keluhan tentang pelayanan di bank.
Ciri-ciri surat pembaca:
1. Ditulis oleh pengirim yang dilengkapi dengan identitas lengkap (nama dan alamat).
2. Judul ditulis dengan jelas.
3. Isi naskah ditulis langsung ke pokok persoalan.
4. Tulis dengan bahasa yang efektif, isi harus dapat dipertanggungjawabkan.
5. Data kritik atau keluhan hendaknya disertai dengan bukti dan alasan yang kuat.
6. Biasanya, untuk hal-hal yang rawan konflik, alamat pengirim disembunyikan. Pihak yang bersangkutan dapat menghubungi redaksi media massa yang memuat surat pembaca untuk mendapatkan identitas pengirim.