Artikel Terbaru: |
loading...
Kisi-kisi Ujian Nasional 2016 (Tahun Pelajaran 2015/2016) agak berbeda dengan kisi-kisi UN 2015. Kisi-kisi ini bersumber dari Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
A. Membaca Nonsastra
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- memaknai istilah
- mengidentifikasi informasi tersurat
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menemukan ide pokok
- menemukan inti
kalimat
- menentukan makna rujukan
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
3.Penalaran
Siswa mampu
- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks
- menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi
- membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
- mengomentari isi teks
- menunjukkan bukti suatu simpulan
B. Membaca Satra
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra
- memaknai isi tersurat dalam karya sastra
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (sebab onflik, akibat konflik, nilai moral)
- menyimpulkan hubungan antar bagian cerpen/novel
3.Penalaran
Siswa mampu
- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
- menganalisis hubungan antar bagian karya sastra
- membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
- mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
- meringkas isi karya sastra
C. Menulis Terbatas
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- menentukan istilah/ kata yang tepat sesuai konteks
2.Aplikasi
Siswa mampu
- melengkapi unsur teks eksposisi
- melengkapi unsur teks deskripsi
- melengkapi unsur teks narasi
- melengkapi teks sastra
- melengkapi teks ulasan
- melengkapi teks prosedur
3.Penalaran
Siswa mampu:
- mengurutkan unsur teks
- memvariasikan kata yang bermakna sama
- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
- menyusun paragraf dari beberapa data
- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
D. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
- mengartikan kata
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menggunakan istilah dalam kalimat
- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
3.Penalaran
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
- memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
- menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat paragraf
E. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- mengidentifikasi kesalahan pengguanaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama kota, kata depan)
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menggunakan ejaan
- menggunakan tanda baca
3.Penalaran
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
- menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Download kisi-kisinya
A. Membaca Nonsastra
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- memaknai istilah
- mengidentifikasi informasi tersurat
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menemukan ide pokok
- menemukan inti
kalimat
- menentukan makna rujukan
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
3.Penalaran
Siswa mampu
- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks
- menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi
- membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
- mengomentari isi teks
- menunjukkan bukti suatu simpulan
B. Membaca Satra
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra
- memaknai isi tersurat dalam karya sastra
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (sebab onflik, akibat konflik, nilai moral)
- menyimpulkan hubungan antar bagian cerpen/novel
3.Penalaran
Siswa mampu
- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
- menganalisis hubungan antar bagian karya sastra
- membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
- mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
- meringkas isi karya sastra
C. Menulis Terbatas
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- menentukan istilah/ kata yang tepat sesuai konteks
2.Aplikasi
Siswa mampu
- melengkapi unsur teks eksposisi
- melengkapi unsur teks deskripsi
- melengkapi unsur teks narasi
- melengkapi teks sastra
- melengkapi teks ulasan
- melengkapi teks prosedur
3.Penalaran
Siswa mampu:
- mengurutkan unsur teks
- memvariasikan kata yang bermakna sama
- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
- menyusun paragraf dari beberapa data
- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
D. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
- mengartikan kata
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menggunakan istilah dalam kalimat
- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
3.Penalaran
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
- memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
- menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat paragraf
E. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- mengidentifikasi kesalahan pengguanaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama kota, kata depan)
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menggunakan ejaan
- menggunakan tanda baca
3.Penalaran
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
- menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Download kisi-kisinya