Artikel Terbaru: |
loading...
Alhamdulillah, minggu lalu, 9 Oktober adalah salah satu hari yang bersejarah bagi saya, PTK saya selesai dan akhirnya diseminarkan. Berikut abstraksinya:
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VIIIA SMPN 2 TANTA
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Oleh: Yadi Karnadi
ABSTRAK
Penelitian ini berlatar belakang dari kesulitan siswa menemukan ide atau kata-kata dalam menyusun puisi. Kesulitan mereka disebabkan oleh kemampuan siswa menuangkan ide yang memang masih lemah dan abstraknya sesuatu yang hendak siswa tulis. Materi menulis puisi merupakan salah satu keterampilan berbahasa, khususnya di bidang sastra. Sangat disayangkan apabila materi penting ini tidak dipelajari secara sungguh-sungguh. Di samping itu, masih banyaknya siswa yang beranggapan bahwa puisi berdekatan dengan sifat cengeng, tidak bermanfaat, tidak ilmiah, sulit dipahami dan membuang-buang waktu. Dari sinilah guru dituntut untuk mengubah pandangan bahwa puisi itu dekat dengan kita, bermanfaat dan menyenangkan, dan tidak sulit untuk ditulis. Untuk mengatasi masalah ini, penulis berupaya menjembatani dengan membuat media audiovisual. Media audiovisual yang dimaksud adalah tayangan gambar atau panorama alam dan musik yang diperdengarkan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri atas 4 pertemuan. Permasalahan yang diteliti adalah: apakah penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIIIA SMPN 2 Tanta? Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas media audiovisual terhadap perubahan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kemampuannya menulis puisi dengan memperhatikan diksi. Data yang diperoleh merupakan data dari penelitian tindakan kelas yang diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi (guru maupun siswa) dan kuesioner, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes menulis puisi. Dari pengolahan data diketahui bahwa adanya peningkatan nilai kemampuan siswa menulis puisi bebas dari rata-rata 46 pada siklus I menjadi rata-rata 77 pada siklus II. Demikian pula dari analisis hasil observasi dan kuesioner diketahui bahwa siswa mengalami perubahan cara pandang terhadap pembelajaran menulis puisi. Kesimpulan akhir yang didapat adalah bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi, dalam hal ini dengan memperhatikan diksi, siswa kelas VIIIA SMPN 2 Tanta Tahun Pelajaran 2010/2011.
Kata kunci : media audiovisual, menulis puisi bebas, diksi
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
*) Disampaikan pada Seminar hasil PTK/PTS kerjasama YABN, FKIP Unlam, dan Dinas Pendidikan Kab. Tabalong pada tanggal 9 Oktober 2011 di Tanjung
Perlu file lengkap? Silakan hubungi Pesan Facebook (FB Messenger)