Artikel Terbaru: |
loading...
Kisi-kisi Soal UKG Mata Pelajaran B.Indonesia SMP (Kompetensi Profesional)-- Di dunia maya ini, banyak kisi-kisi UKG yang beredar. Situs resmi yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan menjelang hari H (30 Juli) pun sempat tak dapat diakses. Akhirnya saya saat itu menemukan kisi-kisi yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sekarang, saya bagi kisi-kisi yang benar ini setelah situs yang bersangkutan sudah bisa diakses kembali, sekadar dokumentasi dan acuan di kemudian hari. Setelah saya bandingkan dengan pengalaman menjawab soal online tersebut, kisi-kisi ini memang pas. Posting ini sekaligus menyempurnakan arsip kisi-kisi sebelumnya:
Uji Kompetensi Guru terdiri atas dua kompetensi yang dinilai:
1. Kompetensi Pedagogik
2. Kompetensi Profesional
(Silakan klik)
Kompetensi Utama: KOMPETENSI PROFESIONAL
2. Kompetensi Inti:
2.1 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikirkeilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
2.2 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
2.3 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
2.4 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
2.5 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
INDIKATOR SOAL:
Uji Kompetensi Guru terdiri atas dua kompetensi yang dinilai:
1. Kompetensi Pedagogik
2. Kompetensi Profesional
(Silakan klik)
Kompetensi Utama: KOMPETENSI PROFESIONAL
2. Kompetensi Inti:
2.1 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikirkeilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
2.2 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
2.3 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
2.4 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
2.5 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
INDIKATOR SOAL:
- Menerapkan pengetahuan tentang parfrase dalam berbagai bentuk informasi
- Mampu mengidentifikasi pola-pola isi berita
- Menguasai prinsip penggunaan pengalaman siswa sendiri dalam pembelajaran
- Meningkatkan kemampuan berbahasa dengan gaya oratoris
- Menguasai teknik membaca cepat
- Membedakan berbagai jenis analisis bahan bacaan dan menuangkan dalam berbagai cara dalam durasi waktu tertentu
- Menguasai lafal standar
- Memiliki kemampuan membedakan berbagai gaya penulisan catatan harian
- Memahami karangan teknis
- Mampu membandingkan berbagai format pengumuman
- Mampu memilah dongeng yang berisi konflik cerita
- Memiliki kemampuan mempertautkan isi dongeng dengan realitas kehidupan
- Mengembangkan kebiasaan menghayati isi cerita
- Mampu menyelaraskan peraga dengan cerita
- Meningkatkan kemampuan menyusun parafrase
- Meningkatkan kemampuan evaluasi karya sastra
- Mengenal secara luas karakteristik puisi lama
- Menerapkan pengetahuan berdasarkan kesan suatu dongeng
- Memiliki wawasan luas tentang praktik wawancara
- Dapat memadukan pengetahuan menulis inti pesan dengan pemahaman tentang klasifikasi rumpun informasi dalam wawancara
- Menguasai diksi dan teknik penyusunan paragraf argumentasi
- 10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
- Membentuk karakter berbahasa yang beretika
- Mengoptimalkan inetrnet sebagai sumber penyedia buku biografi dan bahan lainnya sebagai bahan pembelajaran
- Mampu menginterpretasi gagasan penting teks
- Menggunakan secara tepat dan mahir menentuka secara cepat isi penting tayangan dalam bentuk tabel dan semacamnya
- Mampu mereproduksi ide dalam beragam bentuk karangan
- Mengetahui teknik menulis yang efektif dan efIsien
- Mmengembangkan kemampuan evaluasi dan pemikiran kritis
- Memahami kaidah puisi untuk meresepsi isinya
- Memiliki pengetahuan yang memadai tentang pembacaan cerpen yang ideal
- Memiliki kemampuan menganalisis latar cerpen dan latar sosial masyarakatnya
- Mampu meresepsi dan memvisualisasikan
- Mampu menjelaskan analogi isi cerita anak dengan kehidupan anak yang sesungguhnya
- Memiliki kemampuan menstimulasi daya imajinasi siswa berdasarkan pengamatan terbatas
- Memilki kemampuan mengaplikasikan hasil eksplorasi pengalaman dalam mencipta puisi
- Mampu merinci unsur-unsur suatu laporan
- Mampu menata rumpun informasi dalam laporan
- Memahami struktur pertanyaan dan pola eksplanasi dalam bertanya
- Mengenal secara luas beragan jenis laporan
- Mengoptimalkan sumber pembelajaran sebagai rujukan dalam pembelajaran
- Memiliki wawasan yang luas tentang fungsi dan tata cara penggunaan denah
- Mampu memadukan kemampuan berpikir inklusif dengan teknik menelaah bacaan secara efisien.
- Menguasai kaidah bahasa Indonesia dalam berbagai penerapan
- Memiliki pengetahuan rinci tentang surat-menyurat
- Menguasai teknik penuangan gagasan secara rinci dan berurutan
- Memiliki wawasan tentang unsur-unsur drama dan lakon yang ideal
- Menguasai tata lakon dan tata panggung
- Memiliki kemampuan membimbing dan mengevaluasi peran yang dimainkan
- Mampu mencontohkan berbagai kreasi peran dalam drama
- Memiliki wawasan yang luas tentang unsur-unsur pembangun karya sastra drama
- Menguasai tata cara penyusunan sinopsis dan perbendaharaan pengetahuan tentang novel
- Memiliki pengetahuan tentang kaidah penulisan skenario drama
- Memiliki pengetahuan tentang kaidah penulisan skenario drama
- Menguasai teknik penyusunan berita dan pengungkapan informasi utama yang termuat di dalam berita
- Memiliki kemampuan mengorganisasikan pembelajaran berdasarkan penugasan bebas
- Mampu mengemukakan ekspresi dalam beragam nuansa makna
- Memiliki wawasan tentang praktik MC dan berkemampuan mempraktikkan dalam berbagai jenis acara
- Memiliki wawasan tentang berbagai jenis ide dalam paparan tertulis
- Menguasai kaidah membaca ekstensif
- Memiliki pengetahuan tentang kaidah lafal dan suprasegmental
- Mampu mereproduksi isi tulisan
- Menguasai teknik penulisan yang berlaku dalam jurnalistik
- Membedakan teknik penyusunan slogan dari poster.
- Memiliki wawasan tenang teknik-teknik penokohan dalam ceita novel
- Memiliki pengetahuan tentang unsur-unsur intrinsik novel
- Mempu mengenali alur dalam novel
- Memiliki perbendaharaan pengetahuan tentang asal-muasal novel
- Memiliki kemampuan meresensi suatu karya
- Memiliki kemampuan membedakan unsur intrinsik karya sastra
- Memiliki pengetahuan luas tentang berjenis-jenis karya sastra sejenis puisi
- Memahami hakikat puisi dan teknik penyusunannya
- Memiliki wawasan tentang persajakan puisi dan prinsip puisi bebas
- Mampu mengintegrasikan berbagai pendapat kedalam pernyataan yang bersifat menyimpulkan
- Memiliki kemampuan menjelaskan kaidah berkomentar
- Mampu menyusun pola tanggapan sebagai acuan melakukan evaluasi
- Mampu mengajarkan pola-pola pelaporan
- Memiliki kamampuan menjelaskan konsep opini dan fakta
- Mampu melatihkan teknik membaca memindai.
- Memiliki pengetahuan yang prkatis tentang kaidah penyusunan iklan baris
- Berpengalaman menyusun resensi
- Memiliki pengetahuan tentang teknik menyunting dan kaidah bahasa yang benar
- Memiliki pengetahuan tentang simbolisasi dalam syair
- Mampu mengidentifikasi unsur syair dan menerapkan teknik analisis yang sesuai
- Mampu menyusun pola cerita yang disusun berdasarkan cerpen yang dibaca.
- Memiliki kemampuan membedakan beragam irama pengungkapan puisi
- Memahami secara luas unsur intrinsik karya sastra
- Mampu memberi makna atas isi cerpen dan mentransformasikannya ke dalam realitas pengalaman
- Memiliki kemampuan mereproduksi hasil bacaan
- Memiliki pengetahuan tentang kaidah penulisan cerpen
- Memiliki kemampuan meresepsi bahan simakan
- Memiliki kemampuan menyimak yang baik dan kaidah berkomentar tentang isi ceramah/pidato/khotbah
- Menerapkan kaidah berbahasa secara formal
- Terbiasa melakukan diskusi dan memiliki wawasan tentang diskusi
- Menguasai tata cara membaca dan mengklasifikasi rumpun ide dalam bacaan
- Mengetahui prinsip penggunaan grafik, tabel atau bagan dalam pembelajaran
- Memiliki kemampuan menyuimak dan teknik membaca cepat
- Memiliki wawasan yang lengkap tentang karya ilmiah
- Memiliki kemampuan mengembangkan berbagai ragam gaya berpidato dan kaidah penulisan yang berlaku.
- Memahami teknik menulis berbagai ragam penulisan jurnalistik
- Memiliki kemampuan menganalisis makna yang terkandung dalam gerak atau pemerian tokok dalam novel
- Mengenal pola-pola penceritaan novel
- Mampu mengarahkan siswa dalam penyusunan naskah pementasan
- Memiliki orientasi yang jelas dalam menilai pementasan
- Mampu memahami nuansa makna dalam novel 20/30-an.
- Mampu membandingkan berbagai aspek yang dimiliki oleh novel tahun 20-30-an
- Mampu menerjemahkan isi cerpen dan memiliki pengetahuan tentang penulisan drama
- Mampu mentransformasi pengalaman ke dalam naskah.