Artikel Terbaru: |
loading...
Kisi-kisi Soal UKG (Uji Kompetensi Guru) Guru Bersertifikasi MP B.Indonesia SMP/MTs 30 Juli 2012--
Ayo rekan guru, persiapkan diri. Jangan takut, materinya memang sesuatu yang telah jadi makanan kita sehari-hari. Sukses buat semua (Maaf tak banyak waktu untuk berkata-kata, berhubung saya sidang tesis hari ini).....
Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi) Bahasa Indonesia SMP
1. Mengungkapkan secara lisan wacana nonsastra
2. Mengungkapkan wacana tulis nonsastra
Kompetensi Guru Mata pelajaran(Kompetensi Dasar)
1.1 Menggunakan wacana lisan untuk wawancara
1.2 Menggunakan wacana lisan untuk presentasi laporan dan pidato
1.3 Menggunakan wacana lisan untuk diskusi
2.1 Menulis pesan singkat dan surat
2.2 Menulis teks berita
2.3 Menulis slogan, poster, dan iklan baris
2.4 Menulis karya ilmiah Indikator Esensial
Indikator soal:
1.1.1 Disajikan penggalan teks wawancara, guru dapat menentukan jenis pertanyaan yang cocok dengan kutipan.
1.1.2 Disajikan sebuah pertanyaan untuk wawancara, guru dapat menentukan jawaban yang harus disampaikan narasumber dengan benar
1.2.1 Disajikan penggalan pidato, guru dapat memilih kalimat yang tidak sesuai dengan konteksnya.
1.2.2 Disajikan penggalan pidato, guru dapat menentukan jenis komponen pidato yang sesuai dengan penggalan tersebut.
1.2.3 Disajikan sebuah konteks berpidato, guru dapat menentukan kalimat pembuka/penutup pidato yang benar.
1.3.1 Disajikan pernyataan yang disampaikan dalam diskusi, guru dapat menentukan pernyataan persetujuan atau tidak persetujuan yang tepat.
1.3.2 Disajikan sebuah konteks diskusi, guru dapat memilih komponen diskusi yang seharusnya ada.
2.1.1 Disajikan konteks kebutuhan pembuatan surat dinas, guru dapat menentukan pembuka surat yang tepat.
2.1.2 Disajikan konteks kebutuhan pembuatan surat dinas, guru dapat menentukan penutup surat yang tepat.
2.1.3 Disajikan konteks pembuatan surat pribadi, guru dapat menentukan isi surat pribadi yang santun.
2.1.4 Disajikan konteks kelembagaan pembuat surat, guru dapat memilih penulisan kepala surat yang tepat.
2.1.5 Disajikan konteks kebutuhan menulis memo dari seorang pejabat, guru dapat memilih kalimat isi memo yang tepat .
2.2.1 Disajikan sebuah berita, guru dapat menentukan kelemahan penulisan berita tersebut.
2.3.1 Disajikan sebuah slogan, guru dapat menentukan kelemahan slogan tersebut.
2.4.1 Disajikan tema sebuah karangan, guru dapat menentukan komponen isi karangan secara tepat.
2.4.2 Disajikan sebuah kutipan dari buku yang disertai dengan identitas buku, guru dapat menentukan kutipan yang tepat.
2.4.3 Disajikan identitas tiga buku, guru dapat menuliskan daftar pustaka secara tepat.
STOP!!!
Kisi-kisi yang benar adalah di SINI....
Sumber: ukg.kemdiknas.go.id
Ayo rekan guru, persiapkan diri. Jangan takut, materinya memang sesuatu yang telah jadi makanan kita sehari-hari. Sukses buat semua (Maaf tak banyak waktu untuk berkata-kata, berhubung saya sidang tesis hari ini).....
Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi) Bahasa Indonesia SMP
1. Mengungkapkan secara lisan wacana nonsastra
2. Mengungkapkan wacana tulis nonsastra
Kompetensi Guru Mata pelajaran(Kompetensi Dasar)
1.1 Menggunakan wacana lisan untuk wawancara
1.2 Menggunakan wacana lisan untuk presentasi laporan dan pidato
1.3 Menggunakan wacana lisan untuk diskusi
2.1 Menulis pesan singkat dan surat
2.2 Menulis teks berita
2.3 Menulis slogan, poster, dan iklan baris
2.4 Menulis karya ilmiah Indikator Esensial
Indikator soal:
1.1.1 Disajikan penggalan teks wawancara, guru dapat menentukan jenis pertanyaan yang cocok dengan kutipan.
1.1.2 Disajikan sebuah pertanyaan untuk wawancara, guru dapat menentukan jawaban yang harus disampaikan narasumber dengan benar
1.2.1 Disajikan penggalan pidato, guru dapat memilih kalimat yang tidak sesuai dengan konteksnya.
1.2.2 Disajikan penggalan pidato, guru dapat menentukan jenis komponen pidato yang sesuai dengan penggalan tersebut.
1.2.3 Disajikan sebuah konteks berpidato, guru dapat menentukan kalimat pembuka/penutup pidato yang benar.
1.3.1 Disajikan pernyataan yang disampaikan dalam diskusi, guru dapat menentukan pernyataan persetujuan atau tidak persetujuan yang tepat.
1.3.2 Disajikan sebuah konteks diskusi, guru dapat memilih komponen diskusi yang seharusnya ada.
2.1.1 Disajikan konteks kebutuhan pembuatan surat dinas, guru dapat menentukan pembuka surat yang tepat.
2.1.2 Disajikan konteks kebutuhan pembuatan surat dinas, guru dapat menentukan penutup surat yang tepat.
2.1.3 Disajikan konteks pembuatan surat pribadi, guru dapat menentukan isi surat pribadi yang santun.
2.1.4 Disajikan konteks kelembagaan pembuat surat, guru dapat memilih penulisan kepala surat yang tepat.
2.1.5 Disajikan konteks kebutuhan menulis memo dari seorang pejabat, guru dapat memilih kalimat isi memo yang tepat .
2.2.1 Disajikan sebuah berita, guru dapat menentukan kelemahan penulisan berita tersebut.
2.3.1 Disajikan sebuah slogan, guru dapat menentukan kelemahan slogan tersebut.
2.4.1 Disajikan tema sebuah karangan, guru dapat menentukan komponen isi karangan secara tepat.
2.4.2 Disajikan sebuah kutipan dari buku yang disertai dengan identitas buku, guru dapat menentukan kutipan yang tepat.
2.4.3 Disajikan identitas tiga buku, guru dapat menuliskan daftar pustaka secara tepat.
STOP!!!
Kisi-kisi yang benar adalah di SINI....
Sumber: ukg.kemdiknas.go.id