Artikel Terbaru: |
loading...
Ada dua anak, Iskandar dan Alex namanya. Walau bersaudara, dua anak ini memiliki karakter yang berbeda. Iskandar sangat perhitungan dengan waktu dan teliti. Sedangkan Alex, fun-fun aja orangnya, jalani hidup mengalir bak air di sungai.
Suatu hari, keduanya pergi ke mall. Bedanya, Iskandar sudah niat hendak membeli buku dan alat-alat tulis, sedangkan Alex tak punya niat/tujuan untuk membeli apa.
Tak lama, Iskandar sudah tiba di rumah dengan membawa buku dan alat-alat tulis yang telah dibelinya. Sedangkan Alex, lammmaaaaa benaarrrr baru tiba di rumah.
Mengapa hal itu terjadi? Apa yang membedakan?
Ya, hal itu terjadi karena dua anak tersebut berbeda dalam hal tujuan (niat), atau motif. Karena memiliki tujuan hendak membeli alat-alat tulis, Iskandar tentu saja langsung ke toko alat-alat tulis, bukan ke toko pakaian, ataupun toko PS/DVD. Alat yang hendak dibelinya pun langsung didapat sesuai dengan keinginannya tentunya.
Sedangkan Iskandar, karena tidak memiliki tujuan hendak membeli apa, ia luntang-lantung ke toko ini, ke toko itu, nongkrong di sini, nongkrong di sana. Tak ada niat mau apa, ia pun bingung dan tak mendapat apapun dari hasil jalan-jalannya ke mall.
Begitu juga dalam hal belajar. Kita harus punya tujuan. Dan inilah tujuan (Kompetensi Dasar) yang hendak kita capai di semester ini. Selamat belajar dan bagaimana gambaran bentuk soal obyektif-nya, kalian bisa klik di link-nya (Contoh Soal). Dengan demikian, semoga pula, hasil (prestasi) yang kalian dapat nantinya, lebih optimal.
Update:
KELAS 7:
KELAS 8:
KELAS 9:
Suatu hari, keduanya pergi ke mall. Bedanya, Iskandar sudah niat hendak membeli buku dan alat-alat tulis, sedangkan Alex tak punya niat/tujuan untuk membeli apa.
Tak lama, Iskandar sudah tiba di rumah dengan membawa buku dan alat-alat tulis yang telah dibelinya. Sedangkan Alex, lammmaaaaa benaarrrr baru tiba di rumah.
Mengapa hal itu terjadi? Apa yang membedakan?
Ya, hal itu terjadi karena dua anak tersebut berbeda dalam hal tujuan (niat), atau motif. Karena memiliki tujuan hendak membeli alat-alat tulis, Iskandar tentu saja langsung ke toko alat-alat tulis, bukan ke toko pakaian, ataupun toko PS/DVD. Alat yang hendak dibelinya pun langsung didapat sesuai dengan keinginannya tentunya.
Sedangkan Iskandar, karena tidak memiliki tujuan hendak membeli apa, ia luntang-lantung ke toko ini, ke toko itu, nongkrong di sini, nongkrong di sana. Tak ada niat mau apa, ia pun bingung dan tak mendapat apapun dari hasil jalan-jalannya ke mall.
Begitu juga dalam hal belajar. Kita harus punya tujuan. Dan inilah tujuan (Kompetensi Dasar) yang hendak kita capai di semester ini. Selamat belajar dan bagaimana gambaran bentuk soal obyektif-nya, kalian bisa klik di link-nya (Contoh Soal). Dengan demikian, semoga pula, hasil (prestasi) yang kalian dapat nantinya, lebih optimal.
Update:
KELAS 7:
- Menentukn gagasan utama (Contoh Soal)
- Membaca kamus: menemukan makna kata tertentu (Contoh Soal)
- Menyimpulkan isi bacaan (Contoh soal)
- Menjawab pertanyaan bacaan (Contoh Soal)
- Menulis pengalaman pribadi atau buku harian (Contoh soal)
- Menulis surat Pribadi (Contoh soal
- Menulis pengumuman (Contoh Soal)
- Menentukan unsur intrinsik cerita anak (Contoh Soal)
- Menentukan unsur intrinsik dongeng (Contoh Soal)
- Menulis pantun (Contoh soal)
- Menentukan ciri-ciri pantun (Contoh soal)
- Menentukan unsur berita: Apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana (Contoh soal) Keterampilan Lisan:
- Menyimpulkan isi berita yang didengar
- Menuliskan kembali isi berita yang didengar
- Menceritakan pengalaman
- Menyampaikan pengumuman secara lisan
- Menemukan hal yang menarik dari dongeng yang didengar
- Menghubungkan isi dongeng dengan realitas masa kini
- Bercerita
- Bercerita dengan alat peraga
KELAS 8:
- Memahami bacaan, menentukan gagasan utama (Contoh Soal)
- Membaca/ Memahami laporan (Contoh soal)
- Membaca/ memahami buku ensiklopedi (Contoh soal)
- Menulis laporan (Contoh soal)
- Membuat pertanyaan wawancara (Contoh Soal)
- Menulis surat resmi (Contoh Soal)
- Memahami denah (Contoh Soal)
- Menulis petunjuk (Contoh soal)
- Menulis sinopsis novel (Contoh Soal)
- Menentukan unsur intrinsik novel (Contoh Soal)
- Menentukan unsur intrinsik drama (Contoh soal)
- Menulis drama (Contoh soal) Keterampilan Lisan:
- Menganalisis laporan yang didengar
- Menanggapi isi laporan
- Berwawancara dengan narasumber
- Menyampaikan laporan secara lisan
- Menanggapi unsur pementasan drama
- Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
- Bermain peran sesuai naskah yang ditulis siswa
- Bermain peran sesuai improvisasi
KELAS 9:
- Menentukan gagasan utama (Contoh Soal)
- Membedakan fakta dan pendapat dalam iklan (Contoh Soal)
- Memahami indeks (Contoh Soal)
- Menulis iklan baris (Contoh Soal)
- Meresensi buku (Contoh soal+Resensi Film)
- Menyunting ejaan yg salah, kalimat tidak efektif (Contoh soal)
- Menentukan unsur intrinsik cerpen (Contoh soal)
- Menulis cerpen (Ringkasan Teori)
- Menganalisis Unsur-unsur syair (Contoh Soal), Jenis Rima (Contoh soal dan Penjelasan)
- Menyimpulkan isi laporan (Contoh soal)
- Menentukan nilai moral dalam cerpen (Contoh soal)
- Citraan dalam puisi (Contoh soal)
- Jenis rima dalam puisi (Contoh soal) Keterampilan Lisan:
- Menyimpulkan isi dialog interaktif
- Mengomentari pendapat narasumber dlm dialog interaktif
- Mengkritik dan memuji suatu produk/karya seni
- Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa
- Menemukan tema dan pesan syair yang didengar
- Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
- Menceritakan kembali isi cerpen secara lisan
- Musikalisasi puisi (Ringkasan Materi)